Ada Lho Orang RI Tak Wajib Lapor SPT Pajak, Nih Kriterianya!

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menyatakan seluruh Wajib Pajak (WP) wajib melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Hal ini sesuai dengan aturan UU Perpajakan.

Namun, ada WP yang tidak perlu melaporkan SPT Tahunannya jika memenuhi ketentuan. Syaratnya adalah WP tidak berpenghasilan lagi hingga penghasilan di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

“Jika Wajib Pajak tersebut sudah tidak lagi memenuhi persyaratan subjektif atau objektif, maka dapat mengajukan permohonan Non-Efektif (NE),” ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor kepada CNBC Indonesia.

Ia pun menjelaskan kriteria WP yang bisa mengajukan permohonan Non-Efektif (NE):

1. Wajib Pajak orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas tetapi secara nyata tidak lagi menjalankan kegiatan usaha atau tidak lagi melakukan pekerjaan bebas.

2. Wajib Pajak orang pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas dan penghasilannya di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak.

3. Wajib Pajak orang pribadi yang bertempat tinggal atau berada di luar negeri lebih dari 183 hari dalam jangka waktu 12 bulan atau setahun dan tidak bermaksud meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya.

4. Wajib Pajak yang tidak lagi memenuhi persyaratan subjektif dan/atau objektif tetapi belum dilakukan penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak.

Sumber: cnbcindonesia

http://www.pajakpribadi.com



Kategori:artikel

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: