Dirjen Pajak Luncurkan Aplikasi Buka Rahasia Bank

Jakarta – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan meluncurkan aplikasi pembukaan rahasia bank secara elektronik bernama Aplikasi Usulan Buka Rahasia Bank (Akasia). Aplikasi ini merupakan aplikasi internal Kementerian Keuangan untuk mempercepat pengajuan usulan kepada Menteri Keuangan.

Sebenarnya, kata Dadang, sejak lama Ditjen Pajak sudah bisa membuka rekening wajib pajak untuk keperluan pemeriksaan dan penagihan. “Tapi masih manual. Sekarang dibuat online dan cepat,” ujar Dadang Suwarna, Direktur Penegakan Hukum DJP dalam konferensi pers di kantornya, Senin, 13 Februari 2017.

Dadang menjelaskan di pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga terdapat sistem serupa bernama Aplikasi Buka Rahasia Bank (Akrab), yang merupakan aplikasi internal di sana untuk mempercepat proses pemberian izin atas surat permintaan Menteri Keuangan.

“Jadi nanti kalau udah disetujui, OJK akan langsung perintahkan bank terkait untuk membuka rekening bank nasabah itu,” kata Dadang.

Mulai 1 Maret 2017, menurut Dadang, kedua aplikasi itu akan saling terhubung untuk mempercepat proses pengajuan dan perolehan perintah tertulis kepada bank dari Dewan Komisioner OJK. “Harapannya dengan ini maka proses pembukaan rekening bisa lebih cepat lagi.”

Dadang menuturkan pembukaan rekening untuk wajib pajak pribadi juga dapat dilakukan untuk pihak keluarga seperti istri dan anak. Sedangkan untuk wajib pajak badan hukum yang akan dibuka rekeningnya adalah pemegang saham, direksi, dan komisaris.

Dalam masa percontohan atau pilot project aplikasi Akasia akan melibatkan 10 kantor wilayah dan dan 16 kantor pelayanan pajak. “Nanti 1 Maret baru kami akan launching Akasia dan Akrab untuk pembukaan rekening seluruh Indonesia,” tutur Dadang. Untuk fungsional aplikasi ini akan dilatih 1.000 tenaga pajak.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama, mengatakan, setelah periode pengampunan pajak atau tax amnesty pihaknya akan berfokus pada pemriksaan WP yang tidak ikut program itu. “Maka itu kami sudah imbau kepada seluruh WP dan seluruh nasabah perbankan untuk ikut tax amnesty,” ucapnya.

Sumber: http://www.pemeriksaanpajak.com

http://www.pajakpribadi.com

Iklan


Kategori:Berita

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: