Sudah Ditutup, Jangan Lapor SPT Pajak Lewat Cara Ini Lagi!

Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) menutup layanan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui e-SPT. Wajib Pajak diharapkan menggunakan cara lainnya.

“DJP akan menutup permanen saluran pelaporan SPT tahunan melalui aplikasi e-SPT secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas data perpajakan,” tulis pengumuman DItjen Pajak melalui media sosialnya, dikutip Senin (14/3/2022)

Adapun untuk jenis formulir SPT PPh badan dalam satuan mata uang dolar Amerika Serikat (1771$) dan lampiran khusus wajib pajak migas, penutupan saluran akan dilakukan pada 30 Maret 2022 pukul 15.00 WIB.

Tapi wajib pajak jangan khawatir. Saat ini, ada dua cara lapor SPT secara elektronik yakni menggunakan e-filing dan e-form yang bisa ditemukan melalui laman resmi Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Namun, yang paling banyak digunakan wajib pajak ada e-filing.

E-filing adalah sistem pelaporan SPT menggunakan sarana internet tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apapun, yang dibuat untuk memberikan kemudahan bagi WP dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT sehingga menjadi lebih cepat, dan lebih murah.

Dengan e-filing, WP tidak perlu lagi menunggu antrian panjang di lokasi drop box maupun Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Artinya lapor pajak dengan e-filing hemat waktu dan biaya karena tak perlu keluar ongkos.

Sedangkan e-form adalah cara penyampaian SPT Tahunan secara online yang dilakukan wajib pajak dengan mengunduh dan mengunggah kembali formulir SPT Tahunan yang sudah diisi dalam bentuk pdf. Setelah diisi maka langsung disubmit ke laman resmi lapor SPT DJP.

Sumber: cnbcindonesia

http://www.pajakpribadi.com



Kategori:artikel

Tag:, , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: