Rekening Dicek Ditjen Pajak, Bankir: Nasabah Enggak Khawatir

15269-dirjen2bpajak2b2

Jakarta – Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) akan melakukan pemeriksaan kepada rekening wajib pajak setelah periode tax amnesty berakhir 31 Maret 2017 mendatang. DJP menggunakan Aplikasi Usulan Buka Rahasia Bank (Akasia).

Akasia nantinya akan terhubung dengan platform Aplikasi Buka Rahasia Bank (Akrab) yang merupakan aplikasi internal Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Integrasi dua aplikasi ini nantinya mempercepat akses data nasabah bank yang normalnya 6 bulan menjadi paling lama 30 hari.

Lalu, apakah cara ini membuat nasabah kabur ke luar negeri?

Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo menyebutkan langkah yang akan dilakukan Ditjen Pajak tidak membuat nasabah bank di Indonesia beralih menyimpan uangnya di luar negeri. Pasalnya keterbukaan informasi perbankan alias Automatic Exchange of Information (AEOI) akan dilakukan di hampir semua negara.

“Enggak khawatir, orang kan rasional. Kalau Automatic Exchange of Information berlaku kan sama saja mau ditaruh di mana uang itu,” kata Haru, Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Keterbukaan informasi perbankan yang dilakukan di banyak negara juga perlu diterapkan di Indonesia. Kesepakatan ini mempermudah otoritas pajak dalam menelusuri aset wajib pajak yang tersimpan di bank.

“Kalau kita menerapkan auto exchange yang berlaku di seluruh dunia yang kita harus terapkan. Mau tidak mau dibuka,” tutur Haru.

Direktur Keuangan BTN Iman Nugroho Soeko juga menyepakati kebijakan tersebut. Di era keterbukaan informasi perbankan alias Automatic Exchange of Information (AEOI), wajib pajak tidak bisa lagi menyembunyikan asetnya di negara manapun.

“Mulai tahun 2017 di hampir seluruh belahan dunia akan berlaku Automatic Exchange of Information (AEOI), di mana wajib pajak tidak akan bisa lagi menyembunyikan aset atau simpanannya di bank dan di negara manapun,” ujar Iman.

Sumber: www.pemeriksaanpajak.com

WWW.PAJAKPRIBADI.COM

Iklan


Kategori:Berita

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: