Jokowi akan Keluarkan Perppu Keterbukaan Informasi Bank

joko widodo

Jakarta – Keterbukaan informasi perbankan akan direalisasikan tahun depan. Ini dilakukan setelah ada kesepakatan Automatic Exchange of Information (AEoI) di antara negara anggota G-20.

Keterbukaan informasi perbankan ini akan diperkuat dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang tengah dirancang.

“Saya akan keluarkan Perppu yang isinya kurang lebih mengenai keterbukaan informasi, dan berjalan efektif Juni 2018,” jelas Jokowi dalam acara Farewell Amnesty Pajak di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (28/2/2017).

Dengan berlakunya keterbukaan informasi perbankan, wajib pajak tidak bisa lagi menyembunyikan hartanya baik di dalam maupun luar negeri. Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dalam hal ini nantinya bisa memeriksa rekening wajib pajak di bank tanpa harus melalui persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Keuangan.

“Artinya nanti di 2018 Juni siapapun tidak bisa sembunyikan hartanya di dalam negeri maupun luar negeri. Tidak bisa lagi hindari pajak, tidak bisa lagi,” tutur Jokowi.

Kesepakatan keterbukaan informasi data perbankan ini tidak bisa ditolak, pasalnya keterlibatan Indonesia menunjukkan jati diri Indonesia.

“Ini sudah tanda tangan semua negara. Kalau Perppu tidak saya keluarkan, dikucilkan kita dianggap negara tidak kredibel, dianggap engara ecek-ecek,” ungkap Jokowi.

Sumber: www.pemeriksaanpajak.com

WWW.PAJAKPRIBADI.COM

Iklan


Kategori:Berita

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: