Ditjen Pajak Pakai Aplikasi Digital untuk Percepat Proses Buka Data WP di Bank

29

Jakarta – Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam waktu dekat akan menggunakan aplikasi pembukaan rahasia bank secara elektronik, bernama Akasia atau Aplikasi Usulan Buka Rahasia Bank.

Akasia ini merupakan aplikasi internal Kementerian Keuangan untuk mempercepat pengajuan usulan kepada Menteri Keuangan, terkait pembukaan rahasia bank.

Menurut Dadang Suwarna, Direktur Penegakan Hukum DJP, selama ini pembukaan rekening bank dilakukan secara manual yang prosesnya cukup lama.

Pembukaan rekening bank milik wajib pajak dilakukan dalam rangka pemeriksaan, pemeriksaan bukti permulaan (buper), penyidikan, serta penagihan. Dulunya, proses pembukaan rekening bank milik wajib pajak untuk keperluan ini memakan waktu sampai 239 hari.

“Harapannya dengan sistem ini, pembukaan rekening wajib pajak untuk proses pemeriksaan, buper, penyidikan, dan penagihan lebih cepat lagi,” kata Dadang di Jakarta, Senin (13/2/2017).

Dadang mencontohkan proses pembukaan rekening untuk proses pemeriksaan. Dulunya, usulan buka rahasia bank tersebut disampaikan secara manual dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) ke Direktur Pemeriksaan dan Penagihan DJP.

Setelah diproses suratnya, maka akan disampaikan ke Menteri Keuangan untuk diteken. Selesai dari Menteri Keuangan, maka secara manual surat tersebut disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ketua DK OJK kemudian akan memproses dan meneken surat dari Kemenkeu, dan kemudian mengeluarkan izin buka rekening bagi wajib pajak yang sedang diperiksa.

“Kalau seperti ini maka pemeriksaan akan lama pada proses buka rekeningnya. Maka, kami buat sistem sehingga bisa memangkas paling cepat menjadi satu bulan,” imbuh Dadang.

Selain sistem Akasia yang ada di internal Kemenkeu, OJK juga memiliki aplikasi internal bernama Aplikasi Buka Rahasia Bank (Akrab). Sistem baru ini juga akan mempercepat proses pemberian izin atas surat permintaan Menteri Keuangan.

Dadang menambahkan, mulai 1 Maret 2017 kedua aplikasi tersebut akan saling terhubung untuk mempercepat proses pengajuan dan perolehan perintah tertulis kepada bank dari DK OJK.

Sumber: www.pemeriksaanpajak.com

WWW.PAJAKPRIBADI.COM

Iklan


Kategori:Berita

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: